7 Rekomendasi Kursus dan Bootcamp Digital Marketing Gratis

Penulis 'Binar Academy' | Blog Binar Academy

Saat ini kita dapat melakukan banyak hal dengan mudah dan nyaman secara digital. Hanya perlu beberapa klik, masalah bisa terpecahkan.

Salah satunya dalam dunia pemasaran, ada istilah baru yang sering kita jumpai akhir-akhir ini yaitu digital marketing. Karena perkembangan ini, ada banyak kursus dan bootcamp digital marketing gratis dan berbayar yang bisa Anda ikuti, simak yuk!

  • Google Digital Garage

Google Digital Garage adalah kursus online gratis yang dikeluarkan oleh Google untuk memenuhi kebutuhan pengguna yang ingin meningkatkan keterampilan digital Anda tanpa berlangganan. Jika Anda ingin menyempurnakan keterampilan digital marketing, Anda dapat mengambil total 26 modul dalam kursus Dasar-Dasar Pemasaran Digital.

Pilih topik modul yang akan dipelajari atau bisa juga menyelesaikan semua modul yang ada untuk mendapatkan sertifikat di akhir kursus online.

  • Google Analytic Academy

Agar Anda menjadi digital marketer yang terpercaya, Anda juga perlu memperdalam pengetahuan dan keterampilan Anda dalam menggunakan Google Analytics. Karena Google Analytics merupakan alat penting untuk mendapatkan data yang Anda butuhkan untuk strategi pemasaran dan pengembangan bisnis.

Selain sebagai kursus digital marketing gratis, manfaat lain dari Google Analytics Academy adalah Anda dapat memilih jenis kursus berdasarkan tingkat keahlian Anda, dari pemula hingga pengguna aktif.

  • HubSpot Academy

Rekomendasi kursus digital marketing lainnya yang bisa kamu ikuti adalah Inbound Digital Marketing di HubSpot Academy, sesuai dengan namanya, disinilah Anda bisa mengasah skill terutama yang berkaitan dengan inbound marketing. Inbound marketing adalah teknik marketing yang digunakan untuk menarik pelanggan untuk layanan produk melalui pemasaran konten, pemasaran media sosial, SEO, dan branding yang kohesif.

 Kursus ini terdiri dari 11 modul, yang terdiri dari format video dan teks, dengan waktu belajar 4,5 jam.

  • Wordstream PPC University

PPC University adalah kursus digital marketing yang dikembangkan oleh WordStream, platform periklanan online terkemuka. Kursus online ini memberikan konten pembelajaran yang dapat meningkatkan keterampilan terkait PPC dan pemasaran digital.

Ada tiga level pembelajaran dalam kursus digital marketing online ini mulai dari pemula hingga mahir.

  • The Complete Digital Marketing Course – 12 Courses in 1 Udemy

Jika Anda terbiasa mengikuti kursus online di platform Udemy, maka mengikuti kursus ini mungkin menjadi pilihan yang tepat untuk lebih meningkatkan keterampilan digital marketing Anda. Kursus online digital marketing lengkap yang diajarkan oleh Rob Percival dan Daragh Walsh membantu pengguna menguasai berbagai konsep dalam pemasaran digital, dari Google Adwords (PPC), pemasaran media sosial, pemasaran email, Google Analytics, SEO dan banyak lagi.

  • Facebook Blueprint

Facebook Blueprint adalah cara yang tepat untuk mempelajari dan mengikuti perkembangan Facebook di dunia digital marketing. Ini karena kursus ini diperbarui secara berkala ketika ada fitur baru atau perubahan yang dirilis Facebook.

Facebook Blueprint menawarkan lebih dari 90 kursus tentang berbagai topik, seperti meluncurkan iklan, mengukur kinerja iklan, mengelola iklan, meningkatkan penjualan online, membeli media, menghasilkan prospek, dan sebagainya.

  • SEMRUSH

SEMRUSH adalah perusahaan salah satu alat pemasaran digital paling sukses. Untuk melayani pengguna dan audiensnya dengan lebih baik, sebuah akademi telah didirikan dengan berbagai kursus pemasaran digital gratis.

Ada berbagai kursus dalam kursus Akademi SEMRUSH ini, diantaranya konsep umum dan dasar-dasar SEO, pemasaran konten, dasar-dasar PPC, pemasaran afiliasi, dan pemasaran media sosial. Perkiraan waktu penyelesaian untuk kursus ini berkisar antara 30 menit hingga 5 jam, dengan banyak modul mulai dari 2 hingga 34 modul untuk dipilih.