Kebijakan The Fed Yang Mempengaruhi Turunnya Harga Emas

Naik Tipis, Harga Emas Antam Hari Ini Jadi Rp934 Ribu per Gram

Perubahan naik turunnya harga emas di pasaran tiap minggunya memang di pengaruhi oleh banyak factor. Salah satu factor yang cukup mempengaruhi ialah keadaan ekonomi global terutama keadaan ekonomi pemegang mata uang tertinggi yakni Amerika Serikat. Biasanya saat di USA sedang terjadi isu atau kebijakan politik baru maka tingkat fluktuasi mata uang dan juga harga emas akan terkena imbasnya.

Contohnya saja di minggu ini harga emas per hari ini mengalami penurunan yang cukup siginifikan. Hal tersebut dipengaruhi oleh kebijakan kenaikan harga dollar yang dikeluarkan oleh Gubernur Federal reserve christoper Waller yang mengutarakan tentang pengurangan jumlah awal dukungan ekonomi terhadap kebijakan moneter yang terjadi.

Menurut pemberitaan diketahui bahwa harga emas mengalami penurunan di pasar sekitar 0,6 persen dari yang semula diberi harga 1,848,05 per ounce sekarang berubah menjadi 1,851,60 per ounce. Tentunya ketetapan harga emas di AS juga ikut mempengaruhi harga emas di berbagai Negara di dunia.

Kebijakan baru yang baru saja dibuat Fed itu membuat tingkat suku Bungan mengalami perubahan sehingga hal itulah yang mempengaruhi naik turunnya nilai mata uang dan tentu saja harga emas di pasaran. Meskipun belum merupakan keputusan final nyatanya para pembeli emas diluar sana masih memikirkan untuk melakukan rotasi terhadap asset yang dimiliki.

Sampai pada akhirnya Bank Sentral AS pun harus meningkatkan laju pengurangan pembelian obligasi demi memberikan lebih banyak kelonggaran dan keleluasaan untuk menaikan suku bunga yang semula berada di level bawah kini sudah mulai berada di level mendekati angka nol lagi.

Tapi meskipun demikian sampai saat ini harga emas masih belum menunjukan perkembangan akan mengalami kenaikan. Hal tersebut dikarenakan harga emas memiliki tingkat sensitifitas yang tinggi terhadap suku bunga. Jadi biaya peluang untuk mengembalikan harga emas ke harga semula masih dirasa cukup sulit.

Belum lagi jika melihat tingkat perubahan harga emas saat ini yang cukup siginifikan membuat para investor pun ragu untuk memutarkan asset mereka. Berikut ini harga emas yang saat ini bisa dilihat di pasaran.

Harga Emas Di Pasaran Hari Ini
0,5 gram emas batangan = Rp. 523.000
1 gram emas batangan = Rp. 947.000
2 gram emas batangan = Rp. 1.834.000
3 gram emas batangan = Rp. 2.726.000
5 gram emas batangan = Rp. 4.510.000
10 gram emas batangan = Rp. 8.965.000
25 gram emas batangan = Rp. 22. 287.000
50 gram emas batangan = Rp.44. 495.000
100 gram emas batangan = Rp. 88. 912.000
250 gram emas batangan = Rp. 222.015.000
500 gram emas batangan = Rp. 443.820.000
1 kg emas batangan = Rp. 887.600.000

Berikut harga emas di pasaran pada hari ini, jika melihat hargas emas di angka seperti ini sebenarnya bisa diambil sisi positif dan negatifnya. Sisi positifnya bagi anda yang memang berinvestasi di bidang emas maka ini kesempatan yang baik untuk membeli emas. Tetapi negatifnya untuk anda yang berencana melakukan penjualan emas maka sebaiknya anda menunda rencana tersebut sampai harga emas kembali stabil.

Meskipun demikian minat orang untuk berinvestasi terhadap emas masih cukup tinggi mengingat bahwa tidak menutup kemungkinan harga emas akan kembali bahkan naik dari harga yang ditawarkan.