Memahami Apa Itu Stablecoin dalam Dunia Cryptocurrency

Apa Itu Stablecoin? | Selembar Digital Berita dan Informasi Crypto

Apa itu Stablecoin dan bagaimana cara kerjanya? Hal ini merupakan pertanyaan-pertanyaan yang umum ditanyakan bagi seseorang yang baru saja terjun ke dalam dunia kripto. Munculnya koin baru yang banyak diperbincangkan ini dianggap sebagai versi aman dari investasi kripto. Untuk mengetahui bagaimana cara kerja serta jenis-jenis dari stablecoin, simak ulasan berikut. 

Apa Itu Stablecoin?

Tahukah Anda apa itu Stablecoin? Stablecoin merupakan media digital yang dirancang untuk bisa meniru nilai mata uang fiat seperti Euro dan Dolar. Jenis dari kripto ini dapat memungkinkan para pengguna untuk bisa mentransfer nilai mata uang secara murah dan juga cepat. Bahkan proses transaksi ini dapat dilakukan di seluruh dunia sambil menjaga stabilitas harga. 

Mata uang kripto yang satu ini, mempunyai kemiripan seperti Ethereum dan Bitcoin. Sebagai salah satu media transaksi, mata uang kripto tersebut mempunyai keunggulan dari sudut pandang teknologi. Akan tetapi, fluktuasi nilai yang dimiliki dapat menjadikan aset tersebut sebagai bentuk investasi yang mempunyai risiko sangat besar. 

Bahkan dapat menjadikan mata uang tersebut menjadi tidak ideal untuk digunakan di dalam  proses pembayaran. Pada saat melakukan transaksi dengan menggunakan mata uang Ethereum atau Bitcoin. Setelah dilakukan proses transaksi dapat mempunyai nilai koin yang jauh lebih tinggi ataupun lebih rendah dibandingkan dengan jumlah nilai pada saat dikirim. 

Akan tetapi, pada Stablecoin ini tidak sampai menghadapi masalah seperti itu. Mata uang ini hanya melihat nilai dari mata uang yang ditiru saja. Dengan demikian, fungsi dari Stablecoin yaitu sebagai salah satu media transaksi yang dapat diandalkan di tengah-tengah pasar yang sedang mengalami gejolak. 

Bagaimana Cara Kerja yang Diberikan?

Terdapat beberapa jenis kategori pada Stablecoin. Masing-masing kategori yang ada tentu mempunyai cara kerja yang berbeda-beda. Salah satu jenis Stablecoin yaitu yang secara langsung didukung oleh fiat. Jenis Stablecoin ini juga dapat disebut dengan Stablecoin yang terjamin oleh fiat. 

Pada jenis ini, pihak bank menyimpan sejumlah mata uang fiat sebagai bentuk jaminan, serta mengeluarkan token dengan menggunakan jumlah yang sama. Sedangkan pada jenis Stablecoin yang didukung kripto mempunyai sistem kerja yang hampir sama dengan yang didukung oleh fiat. Salah satu hal yang membedakan yaitu ada pada jaminan yang digunakan. Apabila Stablecoin yang didukung kripto menggunakan jenis mata uang kripto. Karena sistem kripto menggunakan teknologi digital, maka penerbitannya pun juga dilakukan oleh teknologi yaitu smart contract.

Jenis Stablecoin yang lainnya yaitu Stablecoin algoritmik. Pada jenis ini tidak didukung oleh mata uang kripto dan juga mata uang fiat. Namun seluruh patokan harga yang digunakan sepenuhnya menggunakan algoritma. Pada dasarnya, sistem ini dapat mengurangi pasokan token apabila harga yang ada jatuh dibawah harga mata uang fiat yang diikuti.  

Penggunaan Stablecoin

Sejauh ini, Stablecoin merupakan jenis investasi yang paling umum digunakan. DAI dan Bitshares USD merupakan jenis koin yang saat ini tersedia di pasar dalam jumlah yang cukup banyak. Bahkan kedua jenis koin tersebut dapat dijamin oleh kripto sendiri. 

Penggunaan Stablecoin ini cukup menarik bukan? Anda juga bisa melakukan transaksi menggunakan Stablecoin ini dengan melalui aplikasi Coinomon yang dapat diunduh melalui Play Store dan juga App Store. Karena itulah, ayo segera Download Coinomo di Play Store atau Download Coinomo di App Store

Itulah penjelasan singkat mengenai apa itu Stablecoin, selain jenis koin ini terdapat sebuah token kripto yang dapat Anda jadikan sebagai pilihan untuk investasi. Anda dapat menjadikan token DeFi sebagai pertimbangan Anda, apa itu DeFi? Segera ketahui cara kerjanya untuk bisa memaksimalkan investasi.