Dampak Negatif dari Mengonsumsi Makanan Beku bagi Kesehatan

main image

Makanan beku atau frozen food sekarang ini sering dijadikan pilihan oleh orang-orang karena dirasa lebih praktis dan memiliki rasa yang lezat. Namun, dalam mengonsumsi frozen food ini tidak boleh terlalu sering untuk dikonsumsi. Karena, makanan beku ini memiliki kandungan gizi yang tidak seimbang.

Selain itu, makanan beku ini juga memiliki bahan yang ditambahkan pada pengolahan makanan beku ini juga tidak baik karena bisa menimbulkan efek negatif bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi berlebihan. Berikut adalah beberapa penjelasan mengenai dampak negatif mengonsumsi makanan beku yang berlebihan bagi kesehatan tubuh.

Dampak Negatif dari Mengonsumsi Makanan Beku bagi Kesehatan

  1. Menimbulkan Risiko Penyakit Jantung

Makanan beku atau frozen food ini memiliki kandungan lemak trans yang cukup banyak. Lemak trans ini dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah. Berdasarkan penelitian dalam jurnal Mollecular Nutrition & Food Research.

Lemak trans ini juga dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat atau LDL dan menurunkan kadar kolesterol baik atau HDL yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Makanan beku banyak mengandung banyak garam agar makanan awet. Hal inilah yang menyebabkan meningkatkan kadar kolesterol.

  • Menimbulkan Penyakit Tekanan Darah (Hipertensi)

Frozen food ini mengandung berbagai jenis pemgawet yang memiliki dampak negatif bagi kesehatan tubuh. Salah satunya, kandungan gula dan garam yang ditambahkan pada frozen food dapat meningkatkan  tekanan darah yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan seperti hipertensi.

Telah banyak penelitian yang menunjukkan jika garam memiliki peran dalam meningkatnya tingkat tekanan darah. Adapun studi yang dipublikasikan dalam British Journal of Clinical Pharmacology yang menyimpulkan jika pengurangan mengonsumsi garam erat kaitannya dengan penurunan  tekanan darah.

  • Menimbulkan Risiko Penyakit Kanker

Mengonsumsi makanan beku atau frozen food khususnya yang berbahan dasar daging. Hal ini dapat memicu penyakit kanker pankreas. Penelitian yang dilakukan oleh National Cancer Institute yang menetapkan bahwa hot dog dan sosis beku dapat meningkatkan risiko kanker hingga lebih dari 65 persen.

Tidak hanya itu, pengawet seperti sirup jagung yang terbuat dari glukosa juga dinilai mengandung zat karsinogenik yang dapat memicu penyakit kanker. Acrylamide, merupakan zat lain yang ditemukan pada makanan beku yang dimasak dapat menimbulkan kecenderungan zat karsinogenik.

  • Menimbulkan Risiko Diabetes

Selain gula dan garam, pati juga digunakan untuk menjaga makanan beku agar tetap segar dan penambah rasa dan tekstur pada makanan. Tetapi, pada dasarnya pati merupakan polimer glukosa. Tubuh dapat mengubah glukosa menjadi gula dan diet yang mengandung glukosa berlebih tidak baik untuk kesehatan tubuh.

Gula yang berlebihan dapat menyebabkan risiko terkena penyakit diabetes dan menyebabkan kerusakan pada jaringan tubuh. Sehingga jika terdapat anggota keluarga yang memiliki riwayat diabetes sebaiknya menghindari mengonsumsi  frozen food secara berlebihan.

  • Menjadikan Cenderung Makan secara Berlebihan

Makanan beku atau frozen food ini memiliki tujuan yaitu sebagai makanan diet dengan jumlah kalori yang lebih rendah dibandingkan makanan sejenisnya. Namun, dilansir dari situs Live Strong makanan beku ini tidak dapat membuat kenyang yang lebih lama dan menyebabkan keinginan makan camilan berkalori tinggi.

Jika kebanyakan mengonsumsi frozen food maka akan memberikan dampak yaitu gizi yang tidak seimbang yang diperoleh tubuh untuk kesehatan yang lebih optimal. Sehingga konsumsi makanan beku ini sewajarnya saja jangan sampai kebanyakan yang dapat menimbulkan berbagai penyakit.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai dampak negatif yang ditimbukan karena mengonsumsi makanan beku untuk kesehatan tubuh. Semoga Anda bisa mengonsumsi frozen food ini dengan bijak agar tidak mengeluhkan beberapa penyakit yang disebabkan oleh makanan beku ini. Semoga informasi ini bermanfaat.