Beberapa Jenis dari Buah Apel yang Kaya Akan Vitamin

Apel merupakan salah satu dari sekian banyak buah yang banyak diminati di berbagai negara, khususnya Indonesia. Buah satu ini juga memiliki banyak jenisnya, terutama yang beredar luas di beberapa kota dan pasar, baik di luar negeri maupun asli Indonesia. Penasaran? Ini dia beberapa jenis buah dengan nama ilmiah malus domestica yang kerap ditemui di Indonesia.

  1.  Rome Beauty

Jenis yang pertama adalah rome beauty atau biasa dikenal sebagai apel Malang. Mengapa? Sebab buah dengan jenis yang satu ini banyak dibudidayakan di Indonesia, khususnya di kota Malang. Rome beauty sendiri memiliki beberapa karakteristik khusus, contohnya memiliki kulit yang berwarna hijau dengan gradasi warna merah. 

Rasa daging buahnya manis dan sedikit asam dengan warna daging putih sedikit kehijauan. Tekstur daging dari buah satu ini juga lembut dan mengandung banyak air, sangat cocok apabila dijadikan jus, salad, atau bahkan dimakan langsung. 

Rome beauty juga memiliki kandungan gizi yang banyak, mengandung karbohidrat, protein, serat, kalsium. Jangan lupakan juga kandungan zat besi, fosfor, vitamin A, vitamin B1 , vitamin B2, B3, B6, B9, serta vitamin C. 

Buah rome beauty pun memiliki manfaat yang banyak, seperti menyehatkan dan mencerahkan kulit, mengurangi resiko penyakit asma, serta menyehatkan rongga mulut & gigi. Di samping itu, apel malang juga dapat meningkatkan kesehatan otak, jantung, serta hati, sekaligus meningkatkan sistem imun. 

  1. Apel Anna

Buah yang satu ini adalah salah satu dari buah favorit yang berasal dari Batu, kota Malang. Bentuk dan warnanya sangat mirip dengan buah impor dari luar negeri. Warna kulit buah satu ini adalah merah tua dan sangat merata pada seluruh bagian buahnya. Sangat menarik bukan? 

Sedangkan, saat buahnya masih muda, maka akan berwarna hijau kemudian saat berubah dewasa akan menjadi hijau kekuningan. Semburat merah akan mulai muncul mulai saat buah sudah cukup tua. 

Warna kulit tersebut adalah yang merupakan salah satu daya tarik dari apel Anna. Rasanya juga sangat manis dan memiliki aroma yang kuat. Seperti buah lain pada umumnya, buah merah satu ini pun mengandung banyak vitamin dan air. Sehingga sangat cocok dimakan langsung. 

  1. Apel Manalagi

Buah satu bernama Manalagi ini mempunyai warna yang akan tetap hijau kekuningan meski sudah berusia dewasa dan matang. Buahnya memiliki bentuk bulat sedikit jorong dengan lekukan dalam pada bagian pangkal dan pucuknya. Jenis apel ini berpori, halus dan sedikit renggang. Rasa dagingnya sendiri sangat segar serta mempunyai aroma manis yang kuat. 

Buah apel manalagi awalnya berasal dari tumbuhan yang ada di Pegunungan Caucasus di Asia Barat serta Eropa Timur. Tetapi untuk apel jenis Manalagi juga ditemukan di Desa Gandon, Kecamatan Batu, Malang, yang merupakan pusat buah malus domestica di negara Indonesia.

  1. Manalagi Ceri

Manalagi Ceri merupakan buah manalagi yang memiliki ukuran lebih kecil. Buah satu ini pun tak kalah disukai di Indonesia. Rasanya hampir sama dengan buah Manalagi di point sebelumnya. Dagingnya pun manis, memiliki banyak air serta vitamin C, dan sangat pas dibuat salad.

Itulah dia beberapa jenis buah malus domestica yang terkenal di Indonesia. Apabila Anda menginginkan buah yang segar dengan kualitas terbaik, hubungi e-commerce yang menjual sayur dan buah online yaitu TaniHub.