Yogurt dan Manfaatnya Bagi Kesehatan

main image

Yogurt merupakan salah satu produk olahan susu yang mengalami proses fermentasi dengan bantuan mikroorganisme jenis bakteri Lactobacillus. Bakteri ini membantu mengubah susu menjadi yogurt serta baik untuk pencernaan tubuh. Lactobacillus juga dapat melindungi usus dari serangan infeksi bakteri berbahaya. Bakteri jenis ini juga dikenal sebagai probiotik atau bakteri baik yang mana bermanfaat bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Yogurt dianggap sebagai makanan super karena kaya akan kalsium, protein, dan bakteri baik aktif yang membantu menjaga kesehatan usus. Berikut ini beberapa manfaat dari yogurt bagi kesehatan tubuh.

1. Menjaga Kesehatan Pencernaan

Adanya kultur bakteri aktif pada yogurt mampu memberikan efek yang baik pada pencernaan. Probiotik yang diproduksi oleh bakteri asam laktat dapat membantu mengatasi sembelit, diare, dan penyakit radang usus.

2. Melindungi Kesehatan Tulang

Yogurt kaya akan kalsium, kalium, dan magnesium yang mana memiliki efek anti inflamasi pada tubuh. Kalsium dan magnesium sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi. Produk olahan susu ini baik untuk orang yang menderita osteoporosis, radang sendi, dan rematik.

3. Meningkatkan Fungsi Otak

Yogurt kaya akan probiotik yang dapat meningkatkan fungsi kognitif serta memperbaiki suasana hati. Kandungan kalium yang kaya pada yogurt sangat penting untuk kesehatan saraf dan menjaga keseimbangan cairan dalam tubuh.

4. Mengontrol Berat Badan

Probiotik dalam yogurt dapat melepaskan hormon penurun nafsu makan, sehingga membuat perut merasa kenyang lebih lama. Peningkatan kadar hormon ini pun dapat membantu tubuh membakar lebih banyak kalori dan lemak, juga memangkas jaringan lemak berlebih di dalam tubuh. Hal ini tidak hanya membantu menjaga berat badan namun juga dapat mengurangi lemak pada perut.

5. Mengobati Asma

Anti inflamasi pada yogurt dapat membantu meringankan gejala asma. Probiotik di dalamnya secara signifikan mengurangi kemungkinan serangan asma fatal pada penderitaasma. Yogurt dapat menurunkan gejala seperti sesak napas, batuk, serta penyempitan dada pada pasien asma.  

6. Meningkatkan Kekebalan

Kultur bakteri probiotik yang ada pada yogurt bermafaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengurangi timbulnya infeksi, peradangan serta alergi. Mengkonsumsi yogurt secara teratur dapat mengaktifkan kelompok sel darah putih yang berperan utama pada kekebalan tubuh sehingga berbagai penyakit dapat diatasi seiring meningkatnya kekebalan tubuh.

7. Menurunkan Hipertensi

Yogurt yang dikonsumsi secara teratur terbukti mampu menurunkan hipertensi dengan cara mengurangi reabsorpsi natrium. Produk olahan susu seperti yogurt berperan pada kesehatan jantung dalam hal mengatur tekanan darah.

8. Menurunkan Tingkat Kolesterol

Yogurt juga berperan penting pada penurunan kadar kolesterol jahat (LDL) apabila dikonsumsi secara teratur. Kesehatan kardiovaskular dinilai saling berhubungan dengan kadar kolestrol pada tubuh..

9. Perawatan Kulit & Rambut

Yogurt kaya akan nutrisi seperti protein, kalsium, magnesium, vitamin B-12 dan asam lemak esensial. Yogurt tidak hanya menyehatkan dari dalam. Penggunaan pada luar tubuh diketahui bermanfaat bagi kesehatan kulit dan rambut. Yogurt mengandung asam laktat yang dapat mengelupas kulit dengan lembut sehingga sel-sel kulit mati dan kotoran mampu terangkat dengan lembut. Permasalahan kulit seperti jerawat, ruam serta bintik hitam terbukti mampu diatasi dengan baik hanya dengan penggunaan yogurt secara teratur.

Probiotik yang ada dalam yogurt juga berperan untuk merangsang folikel rambut agar pertumbuhan rambut menjadi sehat, selain itu juga dapat menenangkan kulit kepala yang gatal serta mengatasi ketombe.