Sholat Sunnah Sebelum Subuh, Sholat Pahala Besar

Ladang Pahala, Ini 4 Salat Sunnah yang Perlu Dikerjakan Saat Ramadan

Sholat sunnah sebelum subuh atau sholat rawatib qobliyyah subuh merupakan sholat sunah yang dikerjakan sebelum sholat subuh. Menurut pendapat para jumhur ulama, terutama mazhab Syafi’i, sholat sunnah sebelum subuh sama dengan sholat fajar. Sholat fajar sendiri yang diredaksikan dengan kata “shalla-l-fajr” atau dengan kata “shalat al-fajr”  yang mana merujuk pada salat subuh. Jumlah rakaat sholat sunnah sebelum subuh sama dengan sholat subuh, yaitu dua rakaat. Dengan diawali membaca bacaan niat sholat sunnah sebelum Subuh. Dikutip dari pernyataan Ulil Hadrawy yang mengemukakan bahwa “Dua Rakaat sebelum Subuh Mengalahkan Dunia Seisinya”  yang mana sholat sunnah tersebut disebut sholat sunnah sebelum subuh lantaran dilaksanakan sebelum subuh. Nama lainnya ayaitu sholat sunah barad, karena dilakukan ketika hari masih dingin. Tetapi, ada pula yang menyebut sholat ini adalah sholat sunah ghadat, karena dilakukan pagi-pagi sekali. Sholat sunnah sebelum subuh atau sholat fajar ini sangat istimewa karena rutin dilaksanakan oleh Nabi Muhammad SAW. Berikut hadist yang menjelaskannya.

“Diriwayatkan dari ‘Aisyah, Rasulullah tidak pernah meninggalkan empat rakaat sunnah sebelum zuhur dan dua rakaat sunnah sebelum subuh.” (H.R. Bukhari 1182)

Dalam riwayat lain, disebutkan pula, Aisyah berkata, “tidak ada yang lebih Nabi (Muhammad) SAW. sangat perhatikan selain dua rakaat sunnah sebelum subuh” (H.R. Bukhari 1169).

Keistimewaan sholat sunnah sebelum subuh atau sholat fajar ini di sebuah riwayat disebutkan lebih utama daripada apa pun di dunia ini jika dikumpulkan. Salah satunya hadist riwayat berikut.

 رَكْعَتَا اَلْفَجْرِ خَيْرٌ مِنْ اَلدُّنْيَا وَمَا فِيهَا

Artinya, “Dua rakaat sholat fajar lebih baik dari dunia dan seisinya.” (H.R Muslim).

Sholat sunna sebelum subuh, sama dengan sholat subuh yang memiliki jumlah 2 rakaat. Tata cara sholat sunnah sebelum Subuh , tidak berbeda dengan tata cara sholat subuh, namun ada beberapa poin yang menjadi kelebihannya. Berikut adalah tata cara melaksanakan sholat sunnah sebelum subuh.

  1. Membaca bacaan niat sholat sunah sunnah sebelum subuh.
  2. Membaca takbiratul Ihram
  3. Membaca surat al-Fatihah dilanjutkan salah satu surah dalam Al-Quran
  4. Rukuk.
  5. Iktidal.
  6. Sujud pertama.
  7. Duduk di antara dua sujud
  8. Sujud kedua rakaat pada pertama.
  9. Berdiri dan mengulang urutan di atas sejak membaca Surah al-Fatihah hingga sujud kedua.
  10. Duduk tasyahud.
  11. Mengucapkan salam, menolehkan kepala ke kanan dan kiri.

Bacaan Surah dalam Sholat Sunnah sebelum Subuh

Terkait bacaan surah Al-Qur’an dalam sholat sunnah sebelum Subuh, terdapat beberapa pilihan surah yang baik dibaca atau dianjurkan sesuai hadis, diantaranya

  • Surah al-Kafirun dan Surah al-Ikhlas

Ketika menjalankan sholat sunnah sebelum subuh, seorang muslim dapat membaca Surah al-Kafirun pada rakaat pertama dan Surah al-Ikhlas pada rakaat kedua. “Diriwayatkan oleh Abu Hurairah, bahwa Rasulullah pada sholat sunah sebelum subuh membaca surah al-Kafirun dan surah al-Ikhlas “(H.R. Muslim 726).

  • Ayat 136 Surah al-Baqarah dan Ayat 52 Surah Ali Imran

Selain itu, dapat juga membaca Surah al-Baqarah:136 di rakaat pertama dan Surah Ali Imran:52 di rakaat kedua sesuai riwayat di bawah ini.

“Dari Said bin Yasar, Ibnu Abbas mengabarkan kepadanya, “Sesungguhnya Rasulullah saat salat sunah sebelum subuh di rakaat pertama membaca Qụlū āmannā billāhi wa mā unzila ilainā … (Surah al-Baqarah:136) dan di rakaat keduanya membaca .. āmannā billāh, wasy-had bi`annā muslimụn  (Surah Ali Imran:52)” (H.R. Muslim727).