Resep Dan Cara Membuat Bubur Pacar Cina Yang Lezat Dan Sehat

Resep Bubur Pacar Cina oleh Sherli Amalia - Cookpad

Pacar cina adalah salah satu kudapan yang mudah ditemukan saat puasa seperti saat ini. Teksturnya yang lembut dan kenyal serta warna warni cerah memang menarik untuk disajikan. Pacar cina makanan yang kenyal-kenyal dan empuk ini terbuat dari bahan dasar berupa tepung kanji.

Perlu diketahui, pacar cina ternyata sama dengan sagu mutiara, hanya saja ciri sagu mutiara selalu berbentuk bulat dan berwarna merah yang sering digunakan untuk campuran es campur, es sekoteng, ataupun bubur mutiara. Padahal sagu mutiara ini memiliki warna yang berwarna warni mulai dari warna putih, hijau, dan lainnya.

Warna dari sagu mutiara ini memang dibuat dengan pewarna makanan. Lantas kenapa dinamakan mutiara? Sebab bentuknya bulat kecil seperti mutiara perhiasaan dan mengkilap setelah dimasak atau diolah. Dan ternyata di pasar banyak temukan pacar cina dengan bentuk dan warna lain. Memang pacar cina adalah nama nasional atau nama Indonesia dari sagu mutiara, sementara dalam bahasa Sunda namanya sekoteng. 

Pacar cina biasanya dijual dalam keadaan mentah, matang, atau kering. Yang patut diwaspadai saat membeli pacar cina yang segar adalah penggunaan bahan pewarna. Kebanyakan penjual menggunakan bahan pewarna yang tidak untuk makanan.

Jika menggunakan pacar cina yang segar, rebuslah air bersama daun pandan hingga mendidih. Kemudian masukkan pacar cina, lalu rebus hingga mengapung dan bening. Jika sudah, tiriskan lalu siram dengan air dingin. Setelah pacar cina matang, kamu bisa langsung menggunakannya dengan tambahan kuah santan atau dijadikan campuran es campur atau es sekoteng.

Namun jika menggunakan pacar cina yang kering, gunakan cara yang sama namun proses merebusnya lebih lama. Jika khawatir dengan penggunaan bahan pewarna yang berbahaya, sebaiknya membuat pacar sendiri di rumah. Memang sedikit lebih repot namun tentunya lebih aman dan enak.

Pacar cina atau sagu mutiara bisa diolah menjadi cendol Bandung namanya cendol pacar cina atau cendol mutiara, bubur mutiara, jajanan pasar, kue cantik manis, makanan ringan, es, dan bisa juga digunakan sebagai bahan campuran makanan, aneka kue-kue, bubur minuman, aneka pudding mutiara pacar cina, serta anek jajanan yang bisa kamu kreasikan sesuai dengan kreasi dan kreatifitas kamu.

Namun jika kamu akan mengolah pacar cina menjadi bubur, berikut dibawah ini resep dan cara membuatnya :

1. Bahan-Bahan

  • Pacar cina instan siap pakai 1 bungkus
  • Air 1 liter
  • Gula pasir 9 sdm atau sesuai selera
  • Daun pandan 2 lembar
  • Santan kental 2 gelas
  • Tepung tapioka atau tepung maizena 2 sdm, kemudian larutkan dengan 4 sdm air
  • Dan sedikit garam

2. Cara Membuatnya

  • Rebus air hingga mendidih, kemudian masukkan pacar cina mentah dan 1 lembar daun pandan masak hingga matang atau kurang lebih 15 menit. Tambahkan gula pasir dan sedikit garam. Jika sudah matang, matikan kompor.
  • Siapkan panci lain untuk memasak santan bersama 1 lembar daun pandan. Lalu, beri sedikit garam sembari diaduk-aduk namun jangan sampai pecah santannya. Kemudian setelah agak mendidih masukkan air maizena supaya kental. Setelah mendidih, angkat santan.
  • Cara menyajikan bubur pacar cina : masukkan bubur pacar cina kedalam mangkok atau gelas lalu beri santan kental.
  • Sajikan segeran bubur pacar cina. Karena bubur akan encer saat matang, namun akan mengembang dan kental setelah dingin.