Jenis Pipa PVC untuk Saluran Air Bersih

PIPA PVC - PARALON MURAH SURABAYA | Surabaya | Jualo

Salah satu komponen yang penting yang juga digunakan untuk menyalurkan air dari sumber air ke bagian-bagian rumah yang memerlukan air adalah pipa air. Adapun jenis pipa air yang sering digunakan di rumah-rumah adalah pipa PVC. Tidak hanya untuk menyalurkan air bersih sebagai salah satu kebutuhan dasar, pipa saluran air juga berfungsi menyalurkan air kotor atau limbah ke tempat pembuangan. Pemasangan pipa saluran air di rumah harus dilakukan dengan baik dan benar, serta tidak boleh dilakukan sembarangan karena apabila distribusi air bersih ataupun pembuangan air limbah terhambat, maka bisa menyebabkan masalah kebersihan pada rumah. Jika dibiarkan, hak ini bisa berujung pada masalah kesehatan anggota keluarga.

Guna memastikan kenyamanan rumah, pemasangan saluran pipa air sangatlah penting. Pemasangan pipa air haruslah tepat agar ketersediaan air bersih untuk kebutuhan pokok seperti mandi, memasak, mencuci piring, dan kegiatan lainnya bisa terpenuhi dengan baik. Tidak hanya pemasangan pipa untuk saluran air bersih, pemasangan pipa saluran air untuk limbah juga haris diperhatikan agar air kotor hasil pembuangan mandi, memasak, dan mencuci dapat disalurkan ke tempat semestinya. Komponen-komponen saluran air ini haris dirancang secara tepat supaya distribusi air di rumah bisa berjalan dengan baik. Menggunakan pipa air adalah solusi yang paling mudah dan praktis untuk sistem saluran air.

Terdapat beberapa pipa air yang bisa kamu gunakan dan perlu untuk kamu ketahui. Pipa ini bisa kamu pilih sesuai kebutuhan, apakah untuk saluran air bersih atau saluran limbah. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

  • Pipa PVC

Pipa PVC adalah jenis pipa yang sudah sangat populer dan sering digunakan untuk kebutuhan rumah tangga. Pipa jenis ini juga bisa dikatakan sebagai pipa air serbaguna karena selain berfungsi sebagai saluran air buangan, pipa PVC juga bisa digunakan sebagai saluran air bersih. Meskipun mengandung bahan plasticizer, pipa jenis ini dipercaya tidak membahayakan kesehatan. Karena harganya yang relatif murah, pipa jenis ini banyak diminati konsumen. Karena pemasangannya yang mudah, menggunakan pipa PVC bisa membantu kamu mengurangi biaya pengeluaran. Pipa PVC juga tidak sulit dicari karena bisa ditemui dengan mudah di berbagai toko bangunan dengan harga yang relatif terjangkau. Namun pipa PVC juga memiliki kelemahan, yakni dapat terpapar langsung oleh sinar matahari dan memerlukan cat khusus untuk melapisi pipa.

  • Pipa CPVC

Selain pipa PVC, ada juga pipa CPVC (Chlorinated Polyvinyl Chloride). Pipa jenis ini termasuk salah satu pengembangan dari jenis pipa PVC. Adapun perbedaan dari keduanya adalah pada ketebalannya, dimana ukuran pipa CPVC lebih tebal bila dibandingkan dengan pipa PVC. Salah satu keunggulan yang dimiliki pipa CPVC adalah ketahanannya terhadap perubahan suhu sampai 180oC. Tidak heran  jika jenis pipa ini ideal digunakan untuk kamu yang membutuhkan saluran air panas dan dingin.

  • Pipa uPVC

Jenis pipa plastik lainnya yang bisa kamu gunakan adalah pipa uPVC. Berbeda dengan pipa PVC, pipa uPVC tidak mengandung plasticizer, sehingga selain ramah lingkungan, pipa jenis ini juga lebih aman digunakan. Pipa jenis ini juga bisa memenuhi kebutuhan sistem saluran air di rumahmu tanpa rasa khawatir karena pipa ini bisa tahan terhadap paparan langsung oleh sinar matahari sekalipun. Banyak merek dari jenis pipa uPVC ini yang mermiliki harga, kualitas, dan keunggulan yang berbeda.