Beberapa Manfaat Kencur Yang Sangat Berguna Untuk Kesehatan Kita

5 Khasiat Kencur, Rempah Serbaguna yang Baik untuk Kesehatan 

Kencur adalah salah satu tanaman obat tradisional yang tumbuh di daerah dataran rendah. Biasa digunakan sebagai bumbu masakan dan untuk pengobatan tradisional yang sudah dikenal sejak jaman dahulu. Selain itu, juga digunakan untuk mengobati sakit tenggorokan dan berbagai penyakit lainnya. Tumbuhan ini memiliki daging umbi yang lunak dan berwarna putih, tidak berserat dan memiliki warna kulit cokelat. Selain itu, rimpang ini memiliki aroma yang khas dan umumnya ditanam di tempat yang terkena sinar matahari langsung. Kencur termasuk dalam tanaman obat karena mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Kencur (Kaempferia galanga) adalah tanaman yang tidak berbatang, rimpang bercabang, berdesak-desakan, terkadang memiliki umbi-umbian. Setiap 1-3 helai tanaman berdaun, berbentuk elips berwarna daun. Bunganya putih. Kencur ada dua jenis, yaitu daun berdaun lebar dan berdaun agak sempit. Tanaman bisa ditanam luas dan tinggi. Tumbuh subur dataran rendah di tanah longgar dengan sedikit naungan.

Sebagai tanaman obat dan jamu, kencur cukup dikenal. Di masa lalu, Kencur sangat umum digunakan sebagai obat sakit tenggorokan. Untuk jamu, kencur adalah tanaman yang telah dikenal dalam khasanah masakan tradisional masyarakat Indonesia. Isinya ada di dalamnya, termasuk zat besi, mineral, canil metal acid, camphane, borneol, etyl aster, acid cinnamic, alkolid, paraeumarin, gom dan sebagainya. Karena kandungan nutrisinya itu, khasiat kencur sangat dibutuhkan untuk menyembuhkan penyakit. Sedangkan sebagai tanaman obat, juga dikenal sebagai obat kencur gastroenteritis, infeksi telinga, influenza pada bayi, pilek, sakit kepala, batuk, diare, darah mengeluarkan kotor, lancar menstruasi, sakit mata, keseleo, dan menghilangkan lelah.

Manfaat Kaempferia Galanga Untuk Kesehatan

Dalam dunia kedokteran, manfaat kencur telah terbukti dapat mengobati berbagai penyakit. Berikut adalah beberapa resep tradisional menggunakan kencur.

  • Mengobati sakit maag

Yang pertama mengobati magh. Penyakit ini menjadi salah satu penyakit yang sering dikeluhkan oleh banyak orang. Maag dapat menyerang dengan sangat cepat dan tidak tahu waktu. Tentunya mengkonsumsi obat-obatan dengan bahan kimia di dalamnya dikonsumsi terus menerus tidak baik. Dengan mengolah dan memilih bahan yang tepat, kalian dapat memiliki kondisi lambung yang sehat dan terhindar dari magh

  • Menjadikan Tubuh Bugar

Di tengah tuntutan pekerjaan yang semakin berat, kalian harus memiliki kondisi tubuh yang bugar dan sehat. Makan kencur bisa menjadi alternatif alami untuk meningkatkan stamina. Minumlah secara teratur sebelum tidur sehingga setelah bangun tidur kalian mendapatkan tubuh yang bugar dari sebelumnya.

  • Mengobati Diare

Diare sangat mengganggu karena akan membuat kita kembali ke kamar kecil. Apalagi jika kalian  adalah orang yang sibuk akan sangat menganggu dan tidak nyaman. Kalian bisa menyelesaikan masalah dengan menggunakan ramuan atau ramuan dari kencur.

  • Meredakan Sakit Tenggorokan

Aktivitas yang sangat padat dapat menyebabkan sakit tenggorokan dan menyebabkan rasa sakit. Ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi ramuan dari kencur.

  • Mengobati Rasa Sakit

Minyak esensial yang terkandung dalam kencur bisa kalian gunakan sebagai obat penghilang rasa sakit. Selain itu, sakit pegal yang dirasakan juga akan berkurang jika kalian mengkonsumsinya secara teratur.

Manfaat kencur dan manfaat lainnya:

  • Meringankan masuk angin
  • Mengurangi Sakit Kepala
  • Sebagai Bumbu Makanan
  • Menjadi Sumber Serat
  • Sebagai Antioksidan
  • Anti kanker.
  • Menghilangkan racun dalam tubuh.
  • Mengobati kolitis.
  • Sirkulasi darah lancar.
  • Membunuh bakteri di usus.