6 Langkah Menghindari Penipuan Online

belanja-online

Belanja secara online memang sangat menyenangkan dan memudahkan. Selain kita bisa dengan mudah mencari berbagai barang di beberapa toko online hanya melalui handphone maupun laptop, kita juga bisa menemukan harga termurah dari beberapa toko online. Kendati demikian dengan maraknya kasus penipuan online, tentu kita harus berhati-hati dalam belanja online. Berikut beberapa ciri bisnis online terpercaya:

  1. Memiliki Situs Top Level Domain

Salah satu hal yang paling mudah dalam membedakan bisnis online yang terpercaya dan yang tidak kredibel adalah dengan mengetahui website yang dimiliki oleh perusahaan tersebut. Pasalnya dalam memiliki sebuah situs, biasanya beberapa provider mewajibkan pemilik situs untuk mengisi nama, alamat, beserta email yang digunakan untuk melakukan pemesanan nama website tersebut.

  1. Terdapat Izin Usaha

Jika Anda melakukan belanja di toko online Indonesia, tentu Anda bisa dengan mudah mengetahui badan usaha yang dimiliki perusahaan tersebut. Biasanya badan usaha ini berawalan PT ataupun CV. Anda bisa melihatnya di bawah situs yang ada di beberapa toko online untuk perbandingan kejelasan perusahaan yang serius bergerak di ranah online shop ini.

  1. Alamat dan Nomor Kantor

Selain itu juga, biasanya berbagai pengusaha toko online selalu menampilkan alamat beserta nomor kantor yang jelas. Baik itu dipasang di social media, maupun di situsnya. Hal tersebut tentu mempermudah Anda untuk mengetahui keaslian sebuah toko online.

  1. Berbagai Metode Pembayaran

Para pelaku bisnis online shop ini biasanya memiliki berbagai metode pembayaran yang bisa Anda gunakan. Baik itu secara transfer melalui bank, dompetku, credit, bahkan hingga mata uang online seperti paypal. Hal tersebut menunjukan keseriusan perusahaan tersebut untuk bergerak di bidang bisnis online.

  1. Testimoni

Setiap orang yang belanja dengan hasil memuaskan, biasanya sebagai ungkapan terimakasih tersebut akan memberikan berbagai testimony terhadap toko online. Anda bisa melihat berbagai testimony serta masukan terhadap sebuah online shop untuk memperkirakan serta memutuskan apakah Anda akan membeli disana atau tidak.

  1. Social Media Terbuka

Perkembangan social media ini memang tidak bisa diremehkan. Banyak sekali berbagai kasus yang menjadikan sebuah viral, akhirnya mampu menjadikan berbagai opini di masyarakat luas mengenai sebuah peristiwa. Hal tersebut juga berlaku terhadap toko online yang juga ikut memasarkan di social media. Biasanya para pelaku bisnsis online terpercaya, tidak akan ragu untuk membuka social medianya untuk dilihat oleh setiap pengguna social media. Berbeda dengan online shop yang mencoba untuk mengelabui melalui social media. Biasanya tipe toko online penipu ini, menjadikan akun social medianya hanya dapat dilihat oleh beberapa orang saja atau tertutup.